Sabtu, 17 November 2012

Filsafat Kontinental


Filsafat Kontinental

A.Pendahuluan
Selain naturalism pragmatis Dewey dan filsafat analitik yang begitu baik dikembangkan oleh filsuf dari Inggris, filsuf pendidikan dari Amerika dipengaruhi oleh gerakan-gerakan dalam filsafat benua; eksistensialisme, fenomenologi, teori kritis, hermeneutika, dan yang paling baru-baru ini postmodernisme.

B. Pembahasan
1. Eksistensialisme (existenlism)
Eksistensialismetidakbisa disebutsebagai sebuah sekolahfilsafatkarena mengandungterlalu banyakpemikirmemegangpendapat yang bertentangan dan karena penganuteksistensialisbiasanya menolakfilsafatsistematis, sekolah pemikiran, dan sejenisnya. Gagasaneksistensialis lebih dulu ditemukan oleh filsafat Yunanidan para pemikiragama danateistik. Dasar dari Eksistensialisme adalah “individu dan sistem; intensionalitas (kesenjangan); keberadaan dankemustahilan; sifat dan pentingnya pilihan; peran pengalaman ekstrim; dan sifat komunikasi,

Pernyataanpaling terkenalterkait denganeksistensialisme adalah"eksistensi mendahuluiesensi" (keberadaan mendahului dasarnya). Para  eksistensialismenolak gagasan bahwa sifat manusiadapat digunakanuntuk memandupendidikan, tugasyang ditentukan, meramal nasib, dan menggambarkanperanmanusiadi alam semesta ini. Jadi sangat jelas, bahwa kedudukan para eksistensialisdalam menghadapifilsafatkeagamaanyang paling tradisional. (Dalam filsafat, "esensialisme" adalah paham tentang manusia yang berlawanan dengan "eksistensialisme". Esensialisme falsafah bertujuan mengutamakan esensi dibandingkan dengan eksistensi. Dia tidak memperkirakan individu bebas memilih dan menentukan. Individu dianggap hasil dari determinisme yang menentukannya dan yang tidak dia dapat lepas darinya. Esensialisme menghidupkan kembali debat yang memperlawankan alam dan kebudayaan.)

Eksisitensialis, baik dari agama atau bukan agama, sangat menekankan kebebasan manusia. Manusia tidak masuk ke dalam dunia ini melalui “alam” (secara alami). Tetapi melalui perencanaan, gambaraan, pilihan dan tindakan, manusia membuat diri mereka sendiri. Jadi dalam pengertian, eksistensi mendahuluiesensi. Kita yang membuat diri kitakita yang  menciptakan(membentuk)esensi diri kita.

Eksistensialis, selain menolak gagasan tentang essential human nature, juga menolak apa yang disebut dengan supermasi sistem.  Mereka tidak mempelajari manusia sebagai representasi (perwakilan) dari jenis atau unsur dalam sistem yang teratur. Sebagai gantinya, merekaprihatin denganindividu danbagaimana individumenjalankankebebasan merekauntuk mendefinisikandiri mereka sendiri.

Martin Buber, menulis dalam “Tradisi Yahudi”, menekankantanggung jawabindividu untukberhubungan satu sama laindan, melalui satusama lain, kepada Tuhan.Iaingin orang-orangkurang (tidak) tergantung padaritualdan formalitasdan lebih (tergantung) padahubunganindividu.Buber juga bekata, bahwa Tuhantidakuntuk dijadikanobjek penelitian.Tuhanitubukan, partnerdalam dialog, seseorang dengan siapaindividuberkomunikasidalamhubungan Aku-Engkau. Itulah sebabnya Buber mengatakan bahwa pelajaran agama itu tidak penting.
Jadi, Eksistensialisme merupakan suatu aliran dalam ilmu filsafat yang menekankan pada manusia, dimana manusia dipandang sebagai suatu mahluk yang harus bereksistensi, mengkaji cara manusia berada di dunia dengan kesadaran. Jadi dapat dikatakan pusat renungan eksistensialisme adalah manusia konkret.
Eksistensialisme mempersoalkan keber-Ada-an manusia, dan keber-Ada-an itu dihadirkan lewat kebebasan. Pertanyaan  utama yang berhubungan dengan eksistensialisme adalah soal kebebasan. Apakah kebebasan itu? bagaimanakah manusia yang bebas itu? dan sesuai dengan doktrin utamanya yaitu kebebasan, eksistensialisme menolak mentah-mentah bentuk determinasi terhadap kebebasan kecuali kebebasan itu sendiri.
Ada beberapa ciri eksistensialisme, yaitu, selalu melihat cara manusia berada, eksistensi diartikan secara dinamis sehingga ada unsur berbuat dan menjadi, manusia dipandang sebagai suatu realitas yang terbuka dan belum selesai, dan berdasarkan pengalaman yang konkret.
Dapat disimpulkan bahwa eksistensialisme memandang manusia sebagai suatu yang tinggi, dan keberadaannya itu selalu ditentukan oleh dirinya, karena hanya manusialah yang dapat bereksistensi, yang sadar akan dirinya dan tahu bagaimana cara menempatkan dirinya.

2. Fenomenologi
Istilah fenomenologi ini berasal dari dua kata bahasa Yunani yaitu phenomenon yang berarti penampilan sesuatu yang menampilkan diri, sesuatu yang tampak , terlihat karena bercahaya dalam bahasa Indonesia biasanya disebut gejala. Gejala tersebut bisa dipertentangkan dengan kenyataan karena memang fenomena (gejala) bukanlah hal yang nyata . Contoh konkritnya adalah orang sakit kepala. Gejalanya adalah penyakit kepala itu dan menampakkan diri pada orang yang sakit. Kata kedua yaitu logos yang artinya ilmu. Secara sederhana dapat diartikan bahwa fenomenologi adalah sebuah ilmu (metode) yang menyelidiki gejala-gejala.
Fenomenologidalam filsafatadalah metodeyang sangat teknis, tapi duniajugamenggunakannya untuk menunjukkanberbagaimetode deskriptifdalam psikologidanpenelitian sosial.Jika Andaberjalan-jalan dankemudianmenjelaskan hal-halyang Andalihat dan dengardalam perjalanan Anda, Anda tidak melakukanfenomenologi. sama, jika Andamempelajari kehidupan dikelasmelalui lensateoribudaya, Anda tidak melakukanfenomenologi. fenomenologiadalah ilmudeskriptif yangbersangkutan terutamadenganobyekdan strukturkesadaran.
Fenomenologi, dalam konsepsi Edmund Husserl, terutama berkaitandenganrefleksisistematisdanstudi tentangstrukturkesadarandanfenomenayangmuncul dalamtindakankesadaran. Jadi,  Husserl mengatakan bahwa pendekatan yang mungkin untuk mengetahui berbagai hal (fenomena) adalah dengan cara mengeksplorasi kesadaran manusia. Inilah yang sebetulnya menjadi inti (prinsip) fenomenologi yaitu eksplorasi yang sistematik dan penuh atas kesadaran manusia.
Dalam penelitianpendidikan, kitajuga yang menyebabkanperpindahan darieksplorasikesadaran untukstudi ilmiah  tentang kondisiempirisdi manabisa terjadiataugagalterjadi. Tapi mungkininicontoh singkatsudah cukup untukmemberikan beberapapengertiancaradi manafenomenologidiubahdapatberkontribusi untuk penelitiansosial danpendidikan.
Jadi, Fenomenologi adalah sebuah studi dalam bidang filsafat yang mempelajari manusia sebagai sebuah fenomena/ gejala.

3. Teori Kritis
Teori Kritis merupakan salah satu perspektif teoritis yang bersumber pada berbagai pemikiran yang berbeda seperti pemikiran Marx, Antonio Gramsci, Max Horkheimer, Herbert Marcuse, Theodor Androno dan pemikiran-pemikiran lain. Pemikiran-pemikiran berbeda tersebut disatukan oleh sebuah orientasi atau semangat teoretis yang sama, yakni semangat untuk melakukan emansipasi.
Filsufpendidikansangatdipengaruhi olehteori kritis, danbanyak artikeldalamvenainimunculsetiap tahun.Semuapenulisadalah bagiandarisebuah proyek untuk"memperpanjang kebebasanuniversaldengan mengkritik, bentuksebagianketerbatasanotonomi manusia". yaitu,merekaprihatin dengankebebasan politikdan martabat, dan fokusmerekaadalah nyata, letak historis manusia,tidak begitu banyakkesadaranamatbebas dariextentialismSartre. Sartresendiri, mengatkan,menerimaMarxismekarenakebebasanexsitentialismtidak dapatsepenuhnyadilaksanakandi bawah kondisipolitik yangmenindas.
Dimulai denganMarx, ahli teorikritis telahmenegaskanpada analisiskondisisosialmendasari, menemani, danhasildaribentuk-bentukdominasi.Marx, tertarik padadominasiekonomidarisatu kelasatas yang lain. ia melihatpekerjadiasingkan dariproduk mereka, bekerja sendirimengurangitenaga kerjauntukupah, dankemakmuran besardari beberapadiperolehpada biayapenderitaan besarbagi banyak orang. untukMarx, nasibpekerjamewakiliperjuanganbesarusianya.

PauloFreireadalah salah satuahli teoripendidikanyangtelahmenegaskanperlunyameningkatkan kesadaranpada pelajar baru. Kelompok yangditindasperlu tahusesuatu tentangbentuk penindasandan bagaimana cara-carakelompok dominanakan mencobauntuk mengeksploitasi (memanfaatkan) ketidaktahuanmereka.
TeorikritisBanyakjuga percayabahwa memberikansemua siswadengan pengetahuan"istimewa" akan membantuuntuk memecahhambatanras dan kelas. Namun kritikus teori kritis –diantara mereka banyak feminis (perempuan)- berpendapat bahwa standar kurikulum bebas seni hanyalahmanifestasi(wujud) pengetahuanistimewa. memaksasemua anakuntuk mengambilaljabar, fisika danbahasa asing tidakakandengan sendirinyamemberi merekabagian daripengetahuan yangistimewa.
Selama mereka  belajar membaca dan menulis, kelompok yang tertindas juga membutuhkan cara untuk menggambarkan masalah mereka sendiri dan kemungkinan solusinya.

4. Hermeneutika
Hermeneutikasudah lama dihubungkandenganpenafsiranteks-teksAlkitab. Pada sat ini lebih seringmelekat padapencarianfilosofismaknayang menolakkeduapencariankarakteristikkepastianfondasionalismedannihilismesering dikaitkan denganNietzschedankadang-kadang denganeksistensialisme.
Para filsufyangterlibat dalamhermeneutikamenerimakontingensidanhistorisitas. merekamencariarti baik dalam naskahdan kehidupan itu sendiriseperti yang diungkapkanmenurut sejarah.
Hermeneutika mencoba untukmasuk akal darisejarah dandalam konteksmasa kinitanpa mengikatbaik kepadateoritis yangkaku.
Jadi, Hermeneutika adalah aliran filsafat yang bisa didefinisikan sebagai teoriinterpretasi dan penafsiran sebuah naskah melalui percobaan. Hermeneutika umumnya dipakai untuk menafsirkan Alkitab, terutama dalam studi kritik mengenai Alkitab.
Filsafat Nietzsche adalah filsafat cara memandang 'kebenaran' atau dikenal dengan istilah filsafatperspektivisme.Nihilisme adalah sebuah pandangan filosofi yang sering dihubungkan dengan Friedrich Nietzsche. Nihilisme mengatakan bahwa dunia ini, terutama keberadaan manusia di dunia, tidak memiliki suatu tujuan. Nihilis biasanya memiliki beberapa atau semua pandangan ini: tidak ada bukti yang mendukung keberadaan pencipta, moral sejati tidak diketahui, dan etika sekular adalah tidak mungkin. Karena itu, kehidupan tidak memiliki arti, dan tidak ada tindakan yang lebih baik daripada yang lain.
Pada prinsipnya, manusia hidup selalu membutuhkan pegangan, jika suatu ketika manusia telah kehilangan peganganya. secara garis besar, pegangan itu biasanya diidentikan dengan Tuhan, jika kemudian ada wacana bahwa Tuhan itu telah mati, maka secara tidak langsung manusia akan tetap mencari pegangan itu. dengan wacana inilah bibit-bibit nihilisme lahir.)
5. Postmodernisme
Postmodernisme adalah faham yang berkembang setelah era modern dengan modernisme-nya. Postmodernisme bukanlah faham tunggal sebuat teori, namun justru menghargai teori-teori yang bertebaran dan sulit dicari titik temu yang tunggal.postmodernismelebih kepada suasana hatidaripadasebuah gerakan. berbagai penulismenguraikanaspek-aspekberbedadarisuasana hatiataupandanganyangmenimbulkankeraguanyang mendalamtentangproyekdari modernitasdan, khusus, Masa Pencerahan.
Ciri pemikiran di era postmodern ini adalah pluralitas berpikir dihargai, setiap orang boleh berbicara dengan bebas sesuai pemikirannya. Postmodernisme menolak arogansi dari setiap teori, sebab setiap teori punya tolak pikir masing-masing dan hal itu berguna.
            Postmodernisme adalah suasana hati yang mengguncang seluruh struktur pemikiran modern. Ini adalah tantangan yang dihargai asumsi, metode, sikap, cara berfikir, dan nilai-nilai pemikir pendidikan harus menyadari cara dimana para pendukungnyamembantu kita untuk berfikir lebih baik tentang masalah pendidikan,
Pascamodenisme merupakan satu istilah yang merujuk kepada perkembangan dalam ilmu teori kritikal, falsafah, seni bina, seni, kesusasteraan dan budaya yang berkembang daripada, tetapi tidak menggantikan, modenisme.












Penutup
Filsuf pendidikan dari Amerika dipengaruhi oleh gerakan-gerakan dalam filsafat benua; eksistensialisme, fenomenologi, teori kritis, hermeneutika, dan yang paling baru-baru ini postmodernisme.
Filsafat Pendidikan Eksistensialisme memfokuskan pada pengalaman-pengalaman individu. Secara umum, eksistensialisme menekankn pilihan kreatif, subjektifitas pengalaman manusia dan tindakan kongkrit dari keberadaan manusia atas setiap skema rasional untuk hakekat manusia atau realitas.
Fenomenologi adalah sebuah studi dalam bidang filsafat yang mempelajari manusia sebagai sebuah fenomena/ gejala.Teori Kritis merupakan salah satu perspektif teoritis yang bersumber pada berbagai pemikiran yang berbedaHermeneutika adalah aliran filsafat yang bisa didefinisikan sebagai teoriinterpretasi dan penafsiran sebuah naskah melalui percobaan.Postmodernisme adalah suasana hati yang mengguncang seluruh struktur pemikiran modern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar