Sabtu, 17 November 2012

Format Penilaian Unjuk Kerja


PENILAIAN UNJUK KERJA
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        : V/I
Standar Kompetensi :Membaca
3. Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar : 3. 1  Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Indikator : 3.1.1. Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat
Tujuan Pembelajaran : 3.1.1.Siswa dapat membaca teks percakapan yang berjudul “Pahlawan Kesiangan” dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Bacalah Teks Percakapan di Bawah ini dengan Lafal dan Intonasi yang tepat !
Pahlawan Kesiangan

Dora : “Zan, ini pensil gambar Nita berantakan di bawah meja. Ayo, ambil tiga batang, disembunyikan yuk! Orangnya sedang di kantin. Udah ah, cepetan! Nanti kutraktir segelas es cendol!”
Zanto : “Nanti kalau dicari tidak ada, aku disalahkan!”
Dora : “Jangan khawatir, akan kuatur! Begitu dia merasa kehilangan,akan kutawarkan  bantuan untuk mencarikan. Tahu tidak maksudku? Untungku ganda, Zan. Pertama, Nita akan
berterima kasih padaku, otomatis aku ditraktir bakso dan cendol. Jelas kamu kuajak, Zan! Kedua, Nita itu anak Bu Kustini. Sampai di rumah dia pasti cerita kalau aku telah jadi pahlawan baginya. Nah, nilaiku yang berbentuk kursi bisa-bisa berubah bentuk jadi bentuk kacamata. Delapan! Mau kan?”
Zanto : “Apa katamu? Pahlawan? Hei, dengar ya! Itu namanya pahlawan kesiangan! Aku nggak mau! Makan aja sendiri
bakso dan cendol dalam mimpimu itu!”
Dora : “Eh, Zaan ... Zaaan ... tunggu dulu! Jangan lari Zaaan ....
Tabel Penilaian Unjuk Kerja
Berilah tanda checklist (√) sesuai dengan kemampuan siswa!
No.
Nama Siswa
Aspek yang dinilai







Jumlah Skor







Jumlah akhir Skor







Kriteria
Ketepatan Lafal dan intonasi pengucapan
Kejelasan pengucapan kalimat/teks percakapan
Kelantangan suara saat membacakan atau melakukan percakapan
3
2
1
3
2
1
3
2
1
1.
2.
3.
4.
………………
……………..
………………
………………

Dst








Deskriptor :

ASPEK YANG DINILAI
TINGKATAN
3
2
1
Ketepatan Lafal dan intonasi pengucapan
Tidak terdapat kesalahan dalam pengucapan lafal dan intonasi teks percakapan sehingga teks percakapan sesuai dengan yang ada.
Terdapat beberapa kesalahan dalam pengucapan lafal dan intonasi teks percakapan
Terdapat banyak kesalahan dalam pengucapan lafal dan intonasi teks percakapan sehingga isi teks menjadi tidak dapat dimengerti
Kejelasan pengucapan kalimat/teks percakapan
Pengucapan tiap kata/ kalimat pada teks percakapan yang dibacakan sangat jelas
Terdapat beberapa kata kata yang pengucapannya kurang jelas
Banyak kata yang tidak jelas pengucapannya
Kelantangan suara saat membacakan atau melakukan percakapan
Suara sangat lantang sehingga dapat di dengar dengan jelas.
Suara kurang lantang sehingga adaa beberapa kata atau kalimat yang tidak terdengar
Suara sangat kecil (tidak lantang) sehingga pengucapan kalimat  banyak yang tidak dapat di dengar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar