PENILAIAN
UNJUK KERJA
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : V/I
Standar Kompetensi
:Membaca
3.
Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan
membaca puisi.
Kompetensi Dasar
: 3. 1 Membaca teks percakapan dengan
lafal dan intonasi yang tepat.
Indikator
: 3.1.1. Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat
Tujuan Pembelajaran : 3.1.1.Siswa
dapat membaca teks percakapan yang berjudul “Pahlawan Kesiangan” dengan lafal
dan intonasi yang tepat.
Bacalah
Teks Percakapan di Bawah ini dengan Lafal dan Intonasi yang tepat !
Pahlawan
Kesiangan
Dora
: “Zan, ini pensil gambar Nita berantakan di bawah meja. Ayo, ambil tiga
batang, disembunyikan yuk! Orangnya sedang di kantin. Udah ah, cepetan! Nanti
kutraktir segelas es cendol!”
Zanto
: “Nanti kalau dicari tidak ada, aku disalahkan!”
Dora
: “Jangan khawatir, akan kuatur! Begitu dia merasa kehilangan,akan kutawarkan bantuan untuk mencarikan. Tahu tidak maksudku?
Untungku ganda, Zan. Pertama, Nita akan
berterima
kasih padaku, otomatis aku ditraktir bakso dan cendol. Jelas kamu kuajak, Zan!
Kedua, Nita itu anak Bu Kustini. Sampai di rumah dia pasti cerita kalau aku
telah jadi pahlawan baginya. Nah, nilaiku yang berbentuk kursi bisa-bisa
berubah bentuk jadi bentuk kacamata. Delapan! Mau kan?”
Zanto
: “Apa katamu? Pahlawan? Hei, dengar ya! Itu namanya pahlawan kesiangan! Aku
nggak mau! Makan aja sendiri
bakso
dan cendol dalam mimpimu itu!”
Dora
: “Eh, Zaan ... Zaaan ... tunggu dulu! Jangan lari Zaaan ....
Tabel
Penilaian Unjuk Kerja
Berilah
tanda checklist (√) sesuai dengan kemampuan siswa!
No.
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Jumlah Skor
|
Jumlah akhir Skor
|
Kriteria
|
||||||||
Ketepatan Lafal dan intonasi
pengucapan
|
Kejelasan pengucapan
kalimat/teks percakapan
|
Kelantangan suara saat
membacakan atau melakukan percakapan
|
|||||||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
|||||
1.
2.
3.
4.
|
………………
……………..
………………
………………
Dst
|
|
|
|
|
|
|
||||||
ASPEK YANG DINILAI
|
TINGKATAN
|
||
3
|
2
|
1
|
|
Ketepatan
Lafal dan intonasi pengucapan
|
Tidak terdapat kesalahan dalam pengucapan lafal dan
intonasi teks percakapan sehingga teks percakapan sesuai dengan yang ada.
|
Terdapat beberapa kesalahan dalam pengucapan lafal dan
intonasi teks percakapan
|
Terdapat banyak kesalahan dalam pengucapan lafal dan
intonasi teks percakapan sehingga isi teks menjadi tidak dapat dimengerti
|
Kejelasan
pengucapan kalimat/teks percakapan
|
Pengucapan tiap kata/ kalimat pada teks percakapan yang
dibacakan sangat jelas
|
Terdapat beberapa kata kata yang pengucapannya kurang
jelas
|
Banyak kata yang tidak jelas pengucapannya
|
Kelantangan suara
saat membacakan atau melakukan percakapan
|
Suara sangat lantang sehingga dapat di dengar dengan
jelas.
|
Suara kurang lantang sehingga adaa beberapa kata atau
kalimat yang tidak terdengar
|
Suara sangat kecil (tidak lantang) sehingga pengucapan
kalimat banyak yang tidak dapat di
dengar
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar